Rabu, 25 Januari 2012

Prinsip pergaulan hidup adalah budi.

Prinsip pergaulan hidup adalah budi.

Budi mengandung sifat yang tiga: rasa, karsa, dan tjipta. Dalam pelaksanaannya, rasa berhasrat akan serba indah, karsa berhasrat hendak mengetahui, dan tjipta berhasrat akan hidup susila. Karena begitu pentingnya budi dalam pergaulan hidup suku bangsa minangkabau, sehingga diabadikan melalui pepatah:

Nan kurie’ kundi,

Nan merah sago,

Nan baiek’ budi,

Nan indah baso

Pulau pandan djauh ditangah,

Dibalie’ pulau Aso-Duo,

Hancue badan dikanduang tanah,

Budi baie dikana djuo

Ungkapan tersebut memberi didikan secara langsung tentang arti pentingnya “budi” bagi manusia. Dalam ungkapan yang lebih halus dikiaskan dengan kata-kata: “tahu dibayang kato sampai, alun bakilek alah bakalam, tahu di angin nan basaru, tahu di ombak nan badabua, tahu dikarang nan balunggue”.

Ungkua jo Jangko dalam Adat (lihat jugalah tulisan Idrus Hakimi Dt. Rajo Panghulu, 1978. Pokok-pokok Pengetahuan Adat Alam Minangkabau, Bahagian ke I. CV. Rosda Bandung. Bandung, hal 19-20.).

1. Nak luruih rantangkan tali.

Artinyo, nak jan manyimpang kiri kanan, condong jan kamari rabah, luruih manantang barih adat.

2. Nak tinggi naikan budi.

Artinyo, jan supayo kalangkahan, tagak nak jan tasundak, malenggang nak jan tapampeh, barang suatu dikarajokan nak lalu salasai sajo.

3. Nak aluih baso jo basi.

Artinyo, jan barundiang basikasek, tidak bakato basikasa, batutur nan lunak lambuik, lamak basantan jo tangguli.

4. Nak elok lapangkan hati.

Artinyo, mencari jalan kebaikan, supayo dapek suluah nan tarang.

5. Nak taguah paham dikunci.

Artinyo, jan taruah bak katidieng, jan uruik bak anjala, barundiang ba nan batin, patuik baduo jan batigo, nak jan lahie di danga urang.

6. Nak mulia tapati janji.

Artinyo, kato nan bana nan ka dipagang, walau bagaimanapun sangkuik pauik, asal tidak mahambek bana, kalau ikarah dengan lidah, tibo dijanji tapati juo.

7. Nak labo, bueklah rugi.

Artinyo, namuah bapokok ba balanjo, marugi kito dahulu, pokok banyak labo basakik, karano ujuik yakin manjalankan lamo lambek tacapai juo.

8. Nak kayo kuwek mancari.

Artinyo, namuah ba jariah ba usaho, tidak mamandang jauh hampia, as alai angok-angok ikan, asa lai jewo-jewo patuang, nan indak dicari juo.

Kalau tapakai ukua jo jangko dalam adat; maka mamahek didalam baris, bakato di dalam bana, batanam di dalam paga, nak elok salendang dunia, nak ulam pucuak manjulai, nak aie pincuran tabik, nak licin cayo lah datang, nak haluih kilek lah tibo, salasai rundiang dinan elok, alah tumbuah dijalannyo;

Gantang di budi chaniago,

cupak di koto piliang.

Dunia sudah kiamat tibo,

labuah luruih jalan basimpang.

Limbago jalan batampuah,

itu karajo niniak mamak,

Sarugo di iman taguah,

narako di laku awak

Dasar-dasar inilah yang seharusnya menjadi “fundamen” bagi generasi muda minangkabau berikutnya. Dalam kesehariannya, “budi” tersebut menjadi “pakaian” panghulu di minangkabau, sebagaimana yang kita ketahui bahwa bahwa panghulu adalah pemimpin (Pemimpin bagi dirinya sendiri, keluarga, sanak kemenakan, jorong, kampuang, nagari hingga Negara), sehingga masing-masing panghulu haruslah memakaikan sifat: siddiq, amanah, fathanah, tabligh..

Siddiq, artinya;

Bajalan luruih, bakato bana,

Jalan luruih aluah tarantang,

Luruihnyo Manahan liliek,

Balabeh Manahan cubo.

Basilang tombak dalam parang,

Baribu batu panaruangan,

Pariek tabantang manghalangi,

Tatagak paga nan kokoh,

Badindiang sampai kalangiek,

Namun nan bana dianjak tidak.

Amanah, yaitu seorang panghulu harus memakaikan sifat di percaya secara lahir dan batin. Fathanah, seorang panghulu harus lah memakaikan sifat yang cerdik, tahu, dan pandai. Tabligh, yaitu seorang panghulu haruslah bersifat menyampaikan.

Syarak (islam) sebagai landasan hidup orang minangkabau di dalamnya terkandung: iman, islam, tauhid, makrifat.

Iman, adalah percaya akan rukun iman yang enam dalam agama islam:

1. percaya kepada Allah.

2. percaya akan Rasul-Nya.

3. percaya akan malaikat-Nya Allah.

4. percaya kepada kita-kitab suci, Al-Qura’anulkarim.

5. percaya kepada qada dan kadar.

6. percaya kepada hari qiamat.

Dimana keimanan ini bukanlah hanya sekedar dipercayai begitu saja tetapi di ikuti dengan mengamalkan segala suruhan Allah dan Rasul-Nya, dan menghentikan segala larangan-Nya.

Islam, mengerjakan segala rukun yang telah kita ketahui dalam agama islam yang telah diwajibkan kepada kita manusia yang baliq berakal dan bergaul dengan baik sesame manusia.

Tauhid, adalah meng-Esa-kan Tuhan Amat Suci Allah dari bersekutu dengan lainnya. Allahuahad, allahushomad, ilahukum ilahun wahid.

Makrifat, mengingat Allah SWT di waktu senang dan diwaktu susah, siang dan malam, di waktu tidur dan bangun, diwaktu seorang dan diwaktu bersama, karena selalu ingat kepada Allah itu akan menjauhkan kita dari pekerjaan yang terlarang (jahat).

Ajaran agama islam ini dipakaikan oleh orang minangkabau, baik yang ada di Luhak maupun mereka yang ada di rantau, sebagaimana yang dinyatakan oleh pepatah “luhak bapanghulu, rantau ba rajo”. Himpunan daerah ranah dinamai luhak, yang terdiri dari tiga luhak: luhak tanah datar, luhak agam, luhak lima puluah kota. Karena daerah luhak semakin padat penghuninya, maka sebahagian diantara mereka pindah mencari daerah lain diluar luhak nan tigo untuk mencari kehidupan. Daerah inilah yang kemudian disebut dengan daerah rantau (Lihat, M. Rasjid Manggis Dt. Rajo Panghulu. 1971. Minangkabau: Sejarah Ringkas dan Adatnja. Sridharma’ – Padang. Padang, hal 66 alinea 8).

Mereka membuat nagari baru di daerah rantau yang memakai susunan adat, seperti di luhak (negeri asalnya) juga. Sama dengan adat di daerah luhak. Dimana perlunya ditambah dengan beberapa peraturan baru, berdasarkan kato mufakat, sesuai dengan keadaan dan keperluan setempat, sehingga peraturan baru itu mempererat ikatan bermasyarakat di nagari baru itu, dengan tidak mengungkai kebat menurut adat dengan daerah luhak yaitu, tempat mula-mula mereka “bapailah-batinggalah”.

Biasanya sekali semusim atau bila kesempatan mengizinkan, orang yang dirantau datang ke kampung melihat “sandi nan ampek”, rumah asal, tempat “darah ta tumpah, pusek dikarek”, tempat dilahirkan.

Syarat menegakan nagari dirantau adalah mengikat yang telah ditentukan di luhak (luhak) semula, begitupun bentuk federasi nagai-nagari menurut adat kebiasaan di luhak itu. Kalau ada perbedaan rantau dengan luhak “daerah darek”, maka perbedaan itu hanya pada teritoriumnya, tidak pada adat dan susunanya.

Rantau adalah daerah otonom penuh, mempunyai peraturan pemerintahan sendiri, yang dipilih oleh isi nagari dengan hak turun temurun untuk menjadi tepatan raja.

Berdasarkan undang-undang luhak dan rantau, dimana tertera “luhak bapanghulu, rantau ba rajo”, nyatalah, bahwa raja hanya berkuasa di daerah rantau, sedangkan panghulu tetap memegang kekuasaan atas luhak atau daerah asal usul suku minangkabau

1 komentar:

Djabmax mengatakan...

Assalamualaiku....
Tarimo kasih atas ilmunyo.